KARIMUN,LIPUTANKEPRINEWS,COM – Ratusan warga pasir panjang unjuk rasa di depan PT Karimun Granit (PTKG).

Warga sepedas kelurahan Pasir panjang Kecamatan Meral Barat kabupaten Karimun provinsi kepulauan riau berunjuk rasa menuntut hak mereka di depan PT Karimun Granit(PTKG).(12-3-2020) kamis.

Masyarakat berkumpul dan terlihat membawa sepanduk menuntut hak mereka.
Warga berkumpul menuju Gate 11 depan pos security PT Karimun Granite.

Masyarakat menuntut pihak PTKG menjalankan program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat(PPM) serta program tanggung jawap sosial perusahaan atau corporate Sosial Responsibility (CSR).

Tuntutan masyarakat sepedas kelurahan Pasir Panjang Kecamatan Meral Kabupaten Karimun adalah, Bebaskan rumah warga dari belenggu IUP PT, Karimun Granit.
Perhatikan dampak blsting dengan berpedoman dengan kaidah pertambangan PTKG merugikan warga.

Demo warga tersebut di sambut langsung oleh Direktur PTKG, Agus Budiluhur di depan ratusan masa aksi demo.
Direktur meminta agar masyarakat tetap berlapang dada dan berhati dingin.
Direktur juga meminta 20 orang sebagai wakil untuk menyelesaikan masalah ini.

Setelah di sepakati warga yang ikut aksi demo menyetujui permintaan Direktur agar di wakilkan sebanyak 20 orang di pertemukan dengan Owner PTKG yaitu Amir dan salam, Di dampingi oleh Direktur utama Agus Budiluhur di ruang pertemuan PT Karimun Granite.

Menurut keterangan seorang pengunjuk rasa,aksi demo di PTKG, Adalah yang pertama kali.sebelum ini warga belum pernah melakukan aksi demo.
Kami cuma menuntut hak kami.Perhatikan hak hak kami.Kami minta selesaikan konsensi IUP PTKG yang perupakan lahan masyarakat.

Selain itu mereka juga meminta agar pihak perusahan memberikan sosusi terhadap program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat(PPM). Sehingga saat ini belum ada titik terang. Masyarakat minta keterbukaan pihak manajen pihak PTKG.ungkap boy.

Direktur utama PTKG Agus Budiluhur mengatakan bahawa pihak PTKG akan membenah dan memperbaiki managemen PTKG akan semaksimal mungkin dan akan melakukan komunikasi pada tokoh masyarakat untuk kedepannya.kata Agus Budiluhur

Mengenai permasaalahan pembebasan wilayah pemukiman masyarakat dari IUP, perwakilan pemilik saham PTKG, saya tidak bisa semena mena memberi keputusan, harus mengikuti aturan yang ada.
Kami dari pihak perusahaan,kami menunggu dari DPRD karimun,semua butuh proses. Saya akan berusaha semaksimal mungkin.jelas Salam.

Menurut Amir kita akan bekerjasama dalam proses agar masalah pelepasan lahan warga masuk dalam konsesi IUP PTKG. Kata Amir.

Dalam aksi demo terlihat sejumlah anggota polres karimun yang di pimpin kabaq Ops polres Karimun AKP Lulik Pebyantara s.i.k. MH menjaga keamanan.

Setelah permintaan warga di sepakati ke pihak PTKG,perwakilan dari warga keluar menemui rakannya yang menanti kabar baik.
Akhirnya aksi demo pulang dengan lapang dada karna permintaan mereka telah di sepakati.

Nuraliah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here