Latihan Persiapan - Panitia Natal Ikatan Keluarga Halawa atau Orahua Nonodo Halawa (Onhab) Kota Batam, menggelar persiapan Natal yang akan digelar Sabtu (28/12/2019). (LKN/A Chan)

BATAM, LIPUTANKEPRINEWS.COM – Ikatan Keluarga Halawa atau Orahua Nonodo Halawa (Onhab) Kota Batam, menggelar Natal Sabtu (28/12/2019) sore ini. Menurut Ketua Panitia Anwar Halawa menjelaskan, Natal tersebut digelar di GPI Dapur 12 Sagulung, Batam, Kepri.

Dengan mengusung tema Natal “Makna Natal di Hatiku”. Yang dikutip dari nats dikutip dari Matius 22 : 37-38 : Kasih Kepada Allah Menentukan Ukuran Kasih Kita Kepada Sesama.

“Pengkhotbah pak Pendeta Marnaek Nainggolan. Kami berharap, lewat Natal ini sesuai tema dapat mengaplikasikan arti natal sesungguhnya di hati pribadi lepas pribadi. Kasih kepada Allah dan sesama manusia,” ujar Anwar.

Anwar mengatakan, kegiatan rutin itu setiap tahun digelar. Selain sebagai ajang menyambut suka cita Natal, juga sebagai ajang silaturahmi ikatan keluarga Halawa di Kota Batam.

“Kami saling mengenal. Meski kampung beda-beda dari Pulau Nias, tapi dengan adanya kegiatan ini, tentu dapat keluarga dan sahabat baru. Jadi bukan hanya marga Halawa saja yang ikut. Semua suku juga bisa hadir. Kami tunggu kehadiran bapak/ibu,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Onhab Kota Batam Mesakhi Halawa menjelaskan, organisasi marga ini sudah sejak 2005 di Batam. Atau sampai 2019 ini, Onhab sudah berumur sekitar 14 tahun. Saat ini, tercatat ada 36 keluarga yang sudah mendaftar. Hanya saja kata dia, masih terdapat ratusan keluarga lagi yang tersebar di seluruh Kota Batam yang belum terdata.

“Kami terbatas waktu untuk mengenal saudara kita. Untuk itu, lewat momen Natal ini kami berharap untuk segera bergabung. Pada prinsipnya, perkumpulan ini adalah berbasis untuk menjaga tali persaudaraan. Sesuai anggaran dasar, tidak saja hanya marga Halawa yang boleh ikut bergabung. Tapi keponakan, ipar, atau cucu marga Halawa juga dapat bergabung,” jelas Mesakhi.

Mesakhi berharap dengan terjalinnya komunikasi antar sesama lewat perkumpulan Halawa, dapat mewujudkan tolong-menolong.

“Karena saudara dekat kita sudah tinggal di kampung masing-masing. Nah, dengan adanya perkumpulan ini tidak sendiri lagi di Batam. Melainkan ada banyak saudara kita,” harapnya.

Sekedar diketahui, Halawa adalah salah satu marga dari ratusan marga yang ada di suku Nias, Provinsi Sumatera Utara.

Marga Halawa berdasarkan informasi terpercaya dari berbagai sumber, marga terbanyak jumlahnya di pulau Nias. Karena empat kabupaten yakni Kabupaten Nias, Nias Selatan, Nias Utara, Nias Barat dan Kota Madya Gunungsitoli di Pulau Nias hampir rata ada marga Halawa. Dan tersebar karena merantau ke pulau Sumatera, Jawa dan beberapa daerah di Indonesia.(A Chan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here