KARIMUN, LIPUTANKEPRINEWS.COM – Seperti biasa pada setiap bulan nya Jajaran Pemkab Karimun melaksanakan Upacara 17 hari bulan. Namun kali ini ada yang berbeda dengan acara tersebut. Dimana Upacara itu di sejalankan dengan Peringatan Hari Pers Nasional yang jatuh pada tanggal 9 Pebruari bersamaan dengan Ulangtahun PWI. 

Dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Karimun, komplek Perkantoran Jalan Poros senin,(17/02/2020).

Dalam amanatnya sebagai Pembina Upacara, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, peranan pers sebagai salah satu Pilar Pembangunan sangat dibutuhkan dalam menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat.

Tampak hadir sejumlah wartawan dari berbagai media dan organisasi pers yang ikut menjadi peserta upacara peringatan HPN tersebut.

Turut hadir diantaranya juga Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim, Sekda Karimun, HM Firmansyah dan Kabag Humas, Didi Irawan.

Disampaikan Rafiq lagi, pers menjadi garda terdepan untuk menangkal berbagai informasi hoax, meluruskan informasi yang kurang akurat dan turut meredakan kepanikan masyarakat.

Begitu juga menghadapi ancaman situasi tidak normal, peran pers juga sangat dibutuhkan untuk menyampaikan informasi yang benar.

“Tidak menambah kepanikan masyarakat. Apalagi ikut memberikan informasi yang salah,” ujar Rafiq.

Ditambahkanya lagi, di era kemajuan terkonlogi informasi, pers dibutuhkan menjadi pilar penegak penyampai kebenaran, fakta-fakta dan pilar penegak aspirasi yang ada di masyarkat.

Kemudian, pers diperlukan turut membangun narasi, kebudayaan baru, membangun rasasi peradaban baru, memotret masyarakat yang bergerak semakin cepat, semakin efisien yang berbasis digitalisasi.

Pers telah menjadi bagian penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sehingga ketergantungan masyarakat terhadap pers menjadi begitu kuat.

“Maka dari itu harus dapat dibangun pers berkualitas, agar dapat menyajikan informasi-infrmasi yang berkualitas,” harap Rafiq.

Rafiq mengucapkan terima kasih kepada awak media di Kabupaten Karimun yang selama ini hubungan, kerja sama dan sinergitas berjalan atau terjalin baik dengan Pemkab Karimun.

“Para wartawan dari berbagai media dapat menjaga peran dan membantu dalam rangka membangun Kabupaten Karimun semakin baik, maju, berbudaya yang tentu dilandasi iman dan takwa,” pungkasnya.(BN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here