Perwakilan Panbil Group di Batam, membagikan bantuan alat medis penanganan virus Corona kepada lima rumah sakit di Batam, Sabtu (28/3). (FOTO LKN/DOK PANBIL GRUP)

BATAM, LIPUTANKEPRINEWS.COM – Wabah virus Corona atau COVID-19, makin meluas penyerbaran di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Pemerintah Indonesia sendiri, tengah berjibaku melawan penyakit mematikan itu. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan status masa tanggap keadaan darurat akibat virus corona (Covid-19) diperpanjang lantaran skala penyebaran virus tersebut sudah meluas. Sehingga BNPB perlu memperpanjang lagi dari tanggal 29 Februari sampai 29 Mei 2020.

Lalu bagaimana di Kepri? Dikabarkan, sudah tiga pasien meninggal dunia karena terpapar COVID-19. Satu di Batam, satu di Karimun dan satu di Tanjungpinang. Data per 28 Maret 2020 dari Dinas Kesehatan Kepri, sebanyak 1 579 orang dalam pemantauan (ODP), 78 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), positif COVID-19 sebanyak 6 orang, dan negatif 124 orang.

Di Batam sendiri, Wali Kota Batam HM Rudi sudah meliburkan sekolah selama dua pekan. Bahkan diperpanjang sampai April 2020 mendatang. Tidak saja hanya pemerintah, pihak swasta pun mengambil bagian untuk memerangi COVID-19 ini. Salah satunya, adalah penyediaan bantuan medis kepada rumah sakit (RS).

Panbil Group perusahaan swasta di Batam, menyumbang berbagai alat medis di lima RS di Batam. Antara lain RS Santa Elisabeth, RSUD Embung Fatimah Batam, RS Camatha Sahidya, RS BP Batam dan RSIA Kasih Sayang Ibu. Menurut Owner Panbil Grup Johanes Kennedy Aritonang melalui Patrick Lionel, pemberian bantuan itu sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian terhadap sesama.

“Jadi alat yang dibutuhkan untuk mereka para medis. Antara lain, Handgloves, Multivitamin, vitamin C, You C 1000, Masker N95, Masker R95, Alkohol Swab, Handsanitizer, Disinfectan, dan Susu Peptimun. Peralatan Medis ini adalah merupakan bantuan tahap pertama dari Panbil Group yang didukung juga didukung oleh para tenan seperti ESKA Group dan PT. Buana Logistik dll. Bantuan selanjutnya akan diserahkan kepada RS rujukan COVID 19 dan RS sekitar,” jelas Patrick, Sabtu (28/3)

Selain itu tambahnya, sejumlah perusahaan yang bergabung dalam Panbil Group juga akan memberikan peralatan Alat Pelindung Diri atau APD bagi tenaga kesehatan. Yang saat ini sedang dalam pengiriman di antaranya Test Kit, Hamzat dan Surgical PPE,
Masker N95, Surgical Mask, Googles, Faceshield dan Handgloves. “Kita berharap semua, Covid-19 segera berlalu. Dan seluruh pasien dapat sembuh dengan baik, amin,” ujarnya.

Sekedar diketahui, bantuan dari Panbil Group tersebut diterima oleh Direktur RS St Elisabeth Batam dr Sahat Siahaan, Tim dokter di IGD RSUD Embung Fatimah dr Chris, Kepala Tim Penanganan Covid 19 RS Camatha Sahidya dr Meilga, RS BP Batam Wawan dan Staff RSIA Kasih Sayang Ibu Asni.(tim/lkn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here